Tularkan Semangat Bershalawat, Sejumlah Santri di Jepara Masuk Rutan

Minggu, 24 September 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Jepara – Sejumlah santri di Jepara masuk ke Rutan Kelas II B Jepara. Mereka masuk rutan bukan karena mereka melanggar hukum. Akan tetapi, mereka ikut berbagi kebahagiaan bersama para napi dengan melantunkan shalawat dan berbagi pengalaman. Kegiatan tersebut berjalan sejak lebih dari sebulan yang lalu.

”Sudah menjadi rutinitas setiap Jumat pagi kami berbagi pengalaman di Rutan Jepara,” ujar Ketua Kelompok Santri Pemandu Hadrah Muhammad Miqdad Sya’roni, Sabtu (23/09/2017).

Selain sharing, kelompoknya bersama para Napi juga shalawatan bersama. ”Mereka penuh semangat walau terkurung dalam deruji besi. Mereka gembira seakan tak punya beban. Semuanya berkumpul bersama untuk sesuatu yang mulia yaitu “Shalawatan”,” katanya.

Mikdad mengatakan, manusia tak harus selalu berprasangka buruk. Prasangka buruk menurutnya akan berdampak buruk. Sebaliknya, lanjutnya, berprasangka baik akan berdampak baik kepada dirinya.

”Napi di Rutan jangan lantas kita abaikan. Napi juga manusia seperti kita. Mungkin saat itu mereka sedang khilaf dan melakukan kesalahan sehingga harus dihukum. Biar bagaimanapun mereka adalah saudara kita yang mungkin perlu kita rangkul untuk diajak bertaubat kembali menuju ke jalan Allah,” katanya. (ISNU)

Sumber: Dutaislam

No Responses

Tinggalkan Balasan