Mencegah Radikalisme di Kalangan Mahasiswa

Rabu, 20 September 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Surabaya – Dua minggu yang lalu, Kopertis Wilayah VII menggelar sosialisasi penanggulangan “Bahaya Radikalisme dan Terorisme di Kalangan Mahasiswa” perguruan tinggi swasta kota dan kabupaten di Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS), Surabaya, Jawa Timur pada hari Rabu, (6/9/2017).

Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta atau disingkat Kopertis adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada perguruan tinggi swasta di wilayah kerjanya.

Acara di hadiri narasumber di bidangnya, diantaranya:

  1. Kebijakan Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti), Prof Dr Ali Maksum
  2. Kebijakan dan strategi dalam pencegahan radikalisme di Jawa Timur, Dr Soubar Isman
  3. Mewaspadai radikalisme dan cyber terorisme di ruang media spesial, Hj Sri Astuti, M.Hum

Acara yang dihadiri perwakilan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi swasta kota dan kabupaten seluruh Jawa Timur ini di buka langsung oleh Prof Dr Ali Maksum selaku sekretaris pelaksana.

Rektor ITATS, Syamsuri MT Ph D mengatakan dalam sambutanya, “Jangan sampai kita warga Indonesia memiliki faham radikalisme di mana faham itu bertolak belakang dengan ideologi pancasila dan NKRI, apalagi berkembang dikalangan mahasiswa.”

Disisi lain salah satu peserta acara, Mahasiswa Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Mey Ambar Wati mengatakan, “Acara ini sangat luar biasa dan patut di apresiasi karena di kalangan mahasiswa sangat rentan dengan doktrin paham radikalisme yang nantinya menjadi embrio terorisme.” (ISNU)

Sumber: Harakatuna

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: