Inilah Tiga Tantangan Warga NU di Era Global Menurut Menag

Minggu, 19 Agustus 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Makkah – Menteri Agama H Lukman Saifuddin menghadiri acara Silaturahim NU Se Dunia di Hotel Al-Wihdah Jarwal Mekkah Arab Saudi, Sabtu (18/18).

Dalam kesempatan tersebut Menag menyampaikan tiga tantangan warga NU di era global seperti sekarang ini.

Menurutnya, tantangan pertama adalah perihal wawasan. Banyak orang jadi konservatif, tekstualis, bahkan radikal dan ekstrim salah satunya karena wawasan pengetahuan.

“Maka perlu warga NU menyebarkan wawasan pengetahuan,” ungkapnya.

Tantangan kedua adalah politik. Menag mencotohkan seperti gerakan ISIS itu tak lepas dari kepentingan politik. Sedangkan tantangan terakhir atau ketiga adalah terkait internal NU sendiri dalam mengenalkan nilai-nilai NU yang moderat.

“Kita jangan terjebak dalam prilaku yang ekstrim, misalnya dalam menyampaikan Islam Nusantara, kita harus menyampaikannya dengan kerendahan hati,” terang putra KH Saifuddin Zuhri ini.

Hadir dalam acara, Rais Aam KH Ma’ruf Amin, Habib Zein bin Smith,  KH Turmudzi dari Lombok Praya, KH Kafabihi Makhrus Lirboyo, KH Ali Masykuri, Sekjen PBNU H Helmy Faishal Zaini, dan ulama-ulama yang lain.

Hadir pula Dubes RI untuk Arab Saudi H Agus Maftuh Abegebriel, beberapa perwakilan-perwakilan PCINU sedunia,  Wakil Gubernur (terpilih) Jawa Timur Emil Dardak, Ustadz Yusuf Mansur dan nahdiyyin yang berangkat haji. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: