Habib Luthfi: Zaman Sekarang Penting Memahami Sejarah

Rabu, 27 September 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Tegal – Ulama Kharismatik Maulana KH Habib Luthfi bin Yahya mengajak masyarakat dan bangsa Indonesia untuk memahami sejarah. Menurutnya, pemahaman atas sejarah perjalanan bangsa tidak kehilangan relevansinya di masa kini.

“Zaman sekarang penting memahami sejarah,” kata Habib Luthfi saat memberikan taushiyah pada zikir akbar Peringatan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah di Alun-alun Hanggawana Slawi, Kamis (21/9) lalu.

Menurut Mustasyar PBNU tersebut, dengan memahami sejarah kita akan menghargai perjuangan dari leluhur kita dalam menjaga kesatuan dan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ia mencontohkan, seperti di dalam Al-Quran, nama-nama ayat di dalam Al-Quran juga tidak lepas dari sejarah. “Asbabun nuzul juga tidak lepas dari sejarah. Sejarah penting agar kita tidak lupa pelajaran-pelajaran di dalam sejarah,” ungkap Habib.

Rais Aam Jamiyah Thoriqoh Annahdiyah itu juga mengajak kita untuk bersatu membangun bangsa bukan saling menjatuhkan dan saling melukai dengan bangsa sendiri. (ISNU)

Sumber: NU Online

No Responses

Tinggalkan Balasan