Program Penguatan Pendidikan Karakter Mendapat Dukungan Penuh dari NU

Rabu, 13 September 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Kediri  – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri, KH. Abu Bakar Abdul Djalil, menjelaskan bahwa pihaknya mendapat amanah mengawal dan terjung langsung ke masyarakat melalui sekolah, untuk mendukung program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Amanah tersebut sesuai dengan edaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tertanggal 6 Spetember 2017.

Pernyatan ini disampaikan Gus Ab, sapaan akrabnya, bersama pengurus NU usai bertemu Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar di Balai Kota, minggu lalu.

“Bahwa PBNU mendukung dan memberikan apresiasi atas terbitnya Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tercantum dalam lembaran negara nomor 195 Tahun 2017 tertanggal 6 September 2017, sebagai bagian dari upaya negara menjaga Pancasila dan NKRI,” ungkap pengasuh Ponpes Salafiyyah ini.

Pemerintah Kota Kediri pun langsung memberikan respon baik, melalui Dinas Pendidikan langsung menunjuk sejumlah sekolah untuk dijadikan uji coba atas program ini. Kepala Dinas Pendidikan Siswanto melalui Kabid Pendidikan Dasar, Chevy Ning Suyudi mengungkapkan jika pihaknya kini menerapkan program uji coba Lima Hari Sekolah (LHS) dan menggandeng NU Kota Kediri sebagai tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI).

Usai melakukan kunjungan bersama pihak pemerintah kota, dinas pendidikan dan para pengurus NU, bahwa keberadaan pengajar di SMPN 1 Kota Kediri maupun di SDN Banjaran 4 sangat kurang, Makanya kualitas pembelajaran diragukan berjalan efektif.

“Selanjutnya PCNU menyatakan, siap membackup tenaga pengajar jika Perpres ini nanti turun,” jelas Chevy Ning Suyudi ditemui di ruang kerjanya

Untuk mendukung suksesnya LHS ini, pihak Diknas juga mewajibkan para guwu wali kelas untuk melakukan home visit ke masing – masing rumah siswa untuk berkomunikasi langsung dengan pihak orang tua atau pengasuhnya.

“Seiring berjalannya program LHS ini, kami juga membentuk tim asismen terpadu mengandeng sejumlah psikiater untuk memotivasi siswa dalam belajar dan berprestasi,” imbuh Kabid Dikdas Disdik Kota Kediri.

Langkah – langkah ini telah disosialisasikan ke para kepala SD dan pihak Diknas juga turun ke lapangan untuk melakukan monitoring. “Sesuai harapan bapak wali kota, ingin menjadikan anak – anak Kota Kediri berprestasi dengan dibekali mental yang kuat dan berahklakul karimah,” jelas Chevy Ning Suyudi. (ISNU)

Sumber: Islami.co

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: