Kiai Masdar: Pentingnya Menjalin Hubungan Baik dengan Orang Lain

Jum’at, 27 April 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Salah satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU), KH Masdar Farid Mas’udi di dalam salah satu ceramahnya memaparkan tentang pentingnya seseorang untuk senantiasa menjalin hubungan baik dengan orang lain. Menurut Kiai Masdar, setiap manusia merupakan makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, karena itu setiap manusia pasti saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Sehebat apapun seseorang jika tidak bisa membaur dan berinterkasi dengan orang lain, maka ia berarti tak memiliki hidup yang bermakna.

Setiap orang, menurut Kiai Masdar, merupakan makhluk yang secara kodrati telah diciptakan untuk bersosial dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lain. Siapapun yang menyalahi kodrat tersebut, tidak bersosial dan merasa paling hebat, sehingga ia dijauhi oleh orang lain, maka kehidupan orang tersebut belum bisa dikatakan bermanfaat bagi orang lain.

“Manusia itu adalah mahluk yang secara qadrati merupakan mahluk yang bermasyarakat. Sehebat-hebatnya orang, ilmunya, kecerdasanya tapi kalau hidupnya sendiri dan dijauhi dari orang lain, maka tidak akan ada maknanya,” ujar KH Masdar.

Kiai yang dikenal karena kedalaman intelektualnya tersebut menambahkan, sukses adalah ketika seseorang mampu mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya untuk kebaikan masyarakat di sekelilingnya. Sebuah kesuksesan tidak hanya diukur dalam hal akademis semata, melainkan juga ditentukan dengan cara hidup yang bersosial, berinteraksi dengan orang lain dan ikut dalam berbagai bentuk kegiatan dalam masyarakat.

“Seorang guru baru bermakna kalau dia punya murid, begitu pun seorang kiai tidak akan disebut kiai jika tidak ada santrinya, seorang pedagang tidak mungkin menjadi pedagang kalau tidak ada pembelinya. Jadi sukses adalah sukses dalam hidup bermasyarakat,” pungkasnya. (ISNU)

Sumber: Islamramah

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: