Kiai Anwar Zahid: Jangan Pernah Merasa Kelompokmu Paling Benar

Sabtu, 22 September 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Bojonegoro – Allah Swt menciptakan makhluk-makhluknya di muka bumi ini bermacam-macam. Di dalam Al-Quran bahkan disebutkan, seandainya Allah menghendaki makhluk-makhluknya seragam, tentu saja bisa, akan tetapi Allah lebih menghendaki keberagaman. Oleh karena itu, perbedaan dan keberagaman merupakan sunnatullah dan keniscayaan. Bahkan dalam salah satu hadis Nabi disebutkan, perbedaan merupakan rahmat Allah Swt.

Selaras dengan hal itu, KH Anwar Zahid menyampaikan, bahwa hendaknya masyarakat tidak merasa kelompoknya sendiri yang paling benar. Apalagi mengklaim hanya kelompoknya yang berhak atas surga dan kelompok yang lain tidak. Sikap semacam itu menurut KH Anwar Zahid tidak dibenarkan dalam ajaran Islam, karena Islam mengajarkan sikap toleran dan saling menghargai keberagaman pendapat di antara umat Islam.

“Kamu jangan merasa kelompokmu yang paling benar. Jangan menganggap hanya kelompokmu yang berhak atas surga. Kapan nenek moyangmu mengontrak surga?,” jelas Kiai Anwar Zahid di depan ratusan jamaahnya dalam video ceramahnya di Chanel Youtube Nutizen.

Kiai yang sangat populer di Indonesia itu juga memberi pesan agar merangkul mereka yang belum mau mendekatkan diri pada Allah Swt. Kepada mereka disampaikan pesan-pesan moral yang baik dengan ramah dan bijaksana. Bukan justru mengkafir-kafirkan atau menuduh mereka sesat. “Alangkah baiknya surga itu dirasakan bersama-sama. Kalau ada saudara kita yang belum benar, ayo kita rangkul, agar sama-sama merasakan surga Allah,” pungkas Kiai Asal Bojonegoro itu. (ISNU)

Sumber: IslamRamah

No Responses

Tinggalkan Balasan