Inilah Ciri-ciri Pemimpin yang Baik Menurut Prof Quraish Shihab

Sabtu, 11 Agustus 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Dalam kehidupan demokrasi di Indonesia, masyarakat seringkali dihadapkan pada agenda pemilihan umum sebagai momentum untuk memilih seorang pemimpin. Ajang ini merupakan peristiwa penting untuk menentukan masa depan sosial-politik masyarakat yang hendak dipimpinnya. Oleh karena itu, memilih pemimpin harus tepat dan sesuai hati nurani, bukan asal-asalan apalagi memilih karena memperoleh money politik.

Tokoh yang juga pakar tafsir terkemuka asal Indonesia, Prof Dr Quraish Shihab memberi ciri-ciri daripada seorang pemimpin yang baik. Menurut Prof Quraish, pemimpin itu memerintah sekaligus diperintah. Ia harus menampung aspirasi masyarakat dan kemudian membing masyarakat untuk mengikuti langkah-langkah dari kebijakannya.

“Pemimpin itu yang memerintah dan yang diperintah. Pemimpin itu diperintah oleh masyarakatnya. Dia menampung apa yang dikehendaki oleh masyarakatnya, aspirasi masyarakatnya. Lalu dia membimbing dan memerintah masyarakatnya untuk mengikuti langkah-langkahnya, itu pemimpin yang baik,” terang Prof Quraish Shihab dalam ceramahnya di akun Youtube, Najwa Shihab.

Prof Dr Quraish Shihab memberi contoh pemimpin ideal sebagaimana telah disampaikan Sayyida Ali ra. Menurutnya, pemimpin itu adalah orang yang membaur dengan masyarakat. Ketika ia belum menjadi pemimpin, ia membimbing masyarakat seakan-akan ia tengah menjadi pemimpin. Begitu ia menjadi pemimpin, ia juga akan membaur dengan masyarakat seolah-olah ia seperti seorang pelayan masyarakat.

“Pemimpin yang baik itu kata Sayyidina Ali adalah seorang yang sebelum jadi pemimpin dia telah membaur dengan masyarakatnya, membimbing mereka, seakan-akan dialah pemimpinnya. Tetapi begitu ia menjadi pemimpin, dia membaur dengan masyarakatnya, seakan-akan dia bukan pemimpinnya, tapi salah seorang dari mereka,” jelas pendiri Pusat Studi Al-Quran itu. (ISNU)

Sumber: Islamramah

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: