Hari Santri 2018, Kemenag Gelar Kopdar Santrinet Nusantara

Sabtu, 11 Agustus 2018

ISLAMNUSANTARA.COM, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) RI menggelar agenda pertama Kegiatan Hari Santri 2018 bertajuk Kopdar Santrinet Nusantara di ruang mushalla lantai 8 Kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jumat (10/08/2018) sore. Kegiatan tersebut mengusung tema “Bersama Santri Damailah Negeri”.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyebut pentingnya acara kopdar untuk para santri karena baginya, santri harus terpanggil untuk memanfaatkan media sosial yang sekarang ini diisi dengan hal-hal yang memecah belah bangsa kita.

“Santri harus terpanggil memanfaatkan sosial media untuk bagaimana kedamaian itu senantiasa bisa kita tebarkan kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun,” terang Lukman Hakim saat Launching kegiatan Hari Santri 2018, di lantai bawah Kantor Kementerian Agama RI.

Kopdar Santrinet ini adalah agenda pertama sejak Kemenag menggelar serangkaian kegiatan Hari Santri yang diresmikan Presiden Jokowi sejak 2015.

Menag Lukman Hakim menyebut agenda Kopdar aktivis medsos dari kalangan santri sebagai bagian dari menebar kedamaian, “kita berupaya menebarkan kedamaian dalam memanfaatkan sosial media yang sekarang trend nya sekarang seringkali diisi dengan hal-hal yang berpotensi memecah belah kita,” tandasnya kepada ratusan aktivis medsos dari pelbagai daerah.

Selain gelaran Kopdar, Kemenag direncanakan menggelar Pramuka Santri Nusantara di Jambi, Malam Kebudayaan, hingga Stand Up Komedi ala Santri.

“Santri itu punya kemampuan luar biasa dalam bidang seni dan budaya,” ujarnya soal mengapa harus ada gelaran Malam Kebudayaan santri yang diagendakan ada acara pameran senin lukis dan jenis seni lainnya.

Untuk mensyiarkan dakwah dengan guyon, Kemenag juga menggelar Stand Up Commedy, “karena sebetulnya banyak cerita-cerita lucu di kalangan pesantren yang penuh hikmah,” jelas Lukman Hakim. (ISNU)

Sumber: Dutaislam

No Responses

Tinggalkan Balasan