Gus Ipul: Para Ulama Bisa Gunakan Medsos Sebagai Media Dakwah

Jum’at, 24 November 2017

ISLAMNUSANTARA.COM, Surabaya – Media sosial (Medsos) bisa menjadi wadah dakwah baru bagi para ulama. Mengingat, perkembangan teknologi yang baru, menyebabkan medsos menjadi sarana masyarakat untuk memperoleh berbagai informasi.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) MUI Provinsi Jawa Timur, seperti tertulis dalam siaran persnya, Jumat (24/11).

“Setiap orang bisa menemukan apa pun di media sosial, bahkan yang tidak mungkin sekaligus,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul menjelaskan, medsos menjadi pelarian masyarakat saat dunia nyata begitu tidak menjanjikan. Ancaman bangsa seperti ini menurutnya tidak bisa dihadapi pemerintah sendiri, tapi juga memerlukan peran semua elemen masyarakat. “Salah satunya para ulama. Agar bisa mengisi dakwah melalui medsos dengan segala kesempatan yang ada,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul mencontohkan, ketika Ketua Umum MUI Jatim menyampaikan pidato, sambutan, atau dakwah, bisa langsung disebarkan melalui medsos. Sehingga dunia maya bisa menyaksikannya agar bisa menginspirasi.

Apalagi, dakwah melalui medsos ini, menurutnya sejalan dengan fatwa MUI Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui Media Sosial. Fatwa tersebut menurutnya harus terus disosialisasikan secara efektif kepada masyarakat. “Sehingga fatwa tersebut bisa mencegah penyebaran konten media sosial yang berisi berita bohong atau hoax, dan mengarah pada upaya adu domba di tengah masyarakat” kata Gus Ipul. (ISNU)

Sumber: Republika

No Responses

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: